Wednesday, December 3, 2008

It’s just business, don’t take it personally



Hari ini saya dapet pencerahan baru…

Anda sekalian mau tau karakter ASLI dari seseorang? Jawabannya: DUIT

Emang terdengar dangkal sih..tapi beneran..hari ini saya terkaget-kaget dengan seseorang yang dulu nyaris saya anggap keluarga..

Ternyata disaat fair trade sudah sangat gencar dikampanyekan dari tahun 2006… masih banyak orang –orang yang ga se-berbesar hati dalam menghadapi persaingan bisnis…

Kalo pendapat pribadi saya sih, kalo misalnya nih karya saya diikutin atau dibajak atau jadi membuka lahan kerja baru buat orang lain… saya malah BANGGA sekali dengan diri saya..

Tapi beda ceritanya kalo saya BUKAN seseorang yang menciptakan inovasi baru…

Wajar-wajar aja kalo ada orang lain yang memodifikasi atau melakukan promo lebih gencar daripada saya…

Hey, welcome to the business world! Jadiin dong hal itu sebagai motivasi untuk lebih kreatif..

Bukannya mencari massa sebanyak-banyaknya untuk mem-boikot pesaing, tapiiii carilah strategi bisnis yang lebih POL!coba deh baca-baca buku2 marketing atau strategi bisnis..banyak tuh di gramedia..

Do it with style and fair-play!

Sekarang aja kalo liat iklan operator seluler nasional di tv udah bener-bener bersaing terbuka..

So f****** what?

Liat aja kasus Mc D dan Burger King… McD dengan jeli melihat pasar konsumen anak2 dengan menyediakan paket happy meal dan membangun fasilitas play-ground di setiap outletnya…tapi apa hal itu membuat Burger King memboikot McD? Noooo…burger king dengan sangat jelas menekankan size dan isi dari burger-nya yang memang diperuntukkan untuk kalangan dewasa..size does matter for some people, and gimmick does matter for some people… ada lebih dari 200milyar orang lho di dunia…masih banyak ikan di lautan, masih banyak sumur di ladang…

Atau kasusnya Macintosh dengan Microsoft… mereka punya pasar konsumen masing-masing… biaya kampanye masing2 perusahaan bisa ngehabisin bermilyar2 US dollar!!! O__O

Walaupun jelas-jelas 2 perusahaan raksasa ini bersaing, tapi apa pernah kita denger berita Steve Jobs tonjok si Bill Gates? Yang ada malah mereka ngobrol bareng ngopi-ngopi di rumah Mr.Gates sambil haha-hihi…

Sooo… like Donald Trump says: it’s just business, don’t take it personally… use your head instead your mouth….action speaks louder than words… setujuuuu????

No comments:

Post a Comment