Wednesday, November 5, 2008

kesetaraan gender? cuih!

Huaaaaaaaa….sebellll….ini
udah yang ketiga kalinya saya gagal pergi ke my little hiding place…
my secret spot…. keselll….huhu…. saya sangat sangat sangat kesal karena saya benar-benar membutuhkan "liburan" sejenak…. kabur sebentar dari beban kerja yang semakin menghimpit saya… men-defrag otak saya supaya bisa menemukan ide-ide brillian buat pekerjaan saya….dan pantai adalah tempat yang paling saya sukai dan paling tepat untuk itu!
Baru-baru ini saya bertemu dengan seorang teman lama….dia sempat agak kaget melihat keadaan tampang saya sekarang setelah hampir 2 tahun tdk bertemu….katanya tampang saya stress berat! sangat terlihat sekali
kalau saya terlalu banyak..(ehm)bekerja…awalnya saya menanggapai dengan ketawa mengekeh samabil bilang.."bisa aja lu!…"
eh…selang beberapa hari kemudian, saya bertemu dengan rekan bisnis yang sudah saya kenal selama 1 tahun terakhir ini…. trus dia bilang…"cape banget ya gir? tampang lu kasian amat…"
Weleh?
ada apa dengan tampang saya?…..yaa setelah dipikir2..memang saya akui…saya jaraaaaaaaannnng banget melakukan perawatan muka, ke salon,dll….dan terakhir saya berlibur adaalh 2 tahun yang lalu…(note:business trip ke luar daerah tidak termasuk, walaupun sebagian besar sangat menyenangkan buat saya)…. dan setelah ngobrol-bgobrol tentang kerjaan..tiba-tiba aja dia bilang…"you live to work, not work to live" Damn! kalimat itu seolah menyadarkan saya dari keadaan saya sekarang….
saya mulai mencoba mengingat… yaa…. memang saya jaraang sekali ke salon karena saya pikir itu akan membutuhkan banyak waktu dan yang paling utama adalah UANG! saya lebih memilih membeli DVD film berkualitas A sampai rate D yang membuat saya tertawa nanggung untuk menghibur diri..(bajakan tentunya..disesuaikan dengan dvd player saya yang made in china dengan merek ichiko :P) …. ngumpul2 dengan teman? hampir rutin setiap weekend… tapi (thank God!) teman2 saya tidak harus melulu nongkrong di cafe yang lagi happening dengan harga segelas cappucinno yang menipiskan dompet!…kami lebih memilih mencari tempat yang cukup sepi atau bahkan nongkrong di rumah salah satu dari kami….. hmm..apalagi yaa? …… o iya BUKU! saya sudah sangat
jaraaang sekali membeli buku… kenapa? karena saat ini ada 2 buah buku baru yang saya beli 4-5 bulan yang lalu dan belum saya sentuh sekalipun…. "5 people you meet in heaven", trus Salah satu bukunya Pramoedya Ananta Noer… saya sampai lupa judulnya apa…dan ada Tom Clancy-Sum Of All Fears yang baru saya baca 3/4 bagian….saya
TIDAK bisa mencuri waktu untuk membacanya…
Duh..ironis sekali…. i am younger than i look, but older than the outside…
rasa-rasanya saya seperti berusia 100 tahun… padahal saya bekerja di dunia yang isinya anak muda bahkan rata2 berusia dibawah saya… Paling bete lagi kalo lagi ngumpul sama teman2 di luar pekerjaan saya… dari mulai dandanan sampe tampang…saya seperti anak kuliahan nyasar,tapi pas lagi bareng teman2 dari tempat saya bekerja…saya terlihat barely-to-fit-in…. serba nanggung…. soalnya rata2 udah pada jadi boss diumur saya…. sedangkan saya berstatus karyawati biasa…duh…jadi bingung…balik lagi ke masalah liburan….. am i a workaholic?
maybe…
Yang saya tau, saya tidak tahan diam di tempat yang sama tanpa berbuat apa2 dalam hitungan menit… apalagi mengingat saya bisa menghasilkan beberapa lembar rupiah dalam hitungan menit, atau bahkan detik!…haha… saya ga se-super itu siih :p…tapi mungkin itu alasannya sekarang ini saya mempunyai 3 pekerjaan…
A job as a sort-of-creative-promotion-slave
A job as a-so-called-writer in a so-called- magazine
A job as a-marketing event organizer
tapi (ehmm…mencoba berdalih…:P) saya melakukan itu semua yaa karena saya suka, dan yaa faktor duit juga lah…
masih buaaaanyaaak mimpi2 saya yang belum tercapai…..
mungkin itu salah satu alasan kenapa saya belum punya si Mr.Right atau so-called-soulmate yaa? (wewew…jadi curhat colongan…)
heu…banyak yang bilang saya sebagai pekerja dan laki-laki tuh dapet poin 85 dari 100 …tapi kalo sebagai cewe? heu….. minuss….
Waaah….kacau…ironis banget… saya bisa dengan mudahnya bargaining dengan posisi tawar tinggi dengan klien, tapi kenalan ama cowo yang saya suka aja wadow…. saya bisa panas dingin mo pingsan ditempat…. saya bisa
menyumbangkan sedikit prediksi, research, untuk konsep promosi yang efektif dan efisien (bahkan menjadi mama lauren gadungan untuk meramal nasib!), tapi saya paling tidak bisa menilai, menelaah, atau mengerti
pikiran seorang manusia berjenis kelamin laki-laki!… saya bisa me-treat dan meyakinkan klien dan konsumen sampai akhirnya beli barang melebihi budget dia sebelumnya :P..tapi saya tidak mengerti gimana me-treat seorang pacar dan akhirnya saya sibilang ga perhatian lah…apa lah…uuuhhh…. aneh aneh… segala hal yang berhubungan
dengan kerjaan…alhamdulillah lancar… tapi kalo berhubungan dengan personal? wah… saya bener2 angkat tangan deh… saya ga bisa bermanja-manja…. mau pulang, hujan? yaa saya bawa payung… klo ga bawa payung? yaa panggil ojek payung kek…atau tunggu sampai ujannya reda…. saya tidak bisa dengan mudahnya mengangkat telpon dan bilang "jemput aku dong…".…mau makan? ga punya duit? ya cari makan ditempat murah tapi rasanya lumayan dan ga bikin mencret aja….haha… saya tidak bisa dengan mudahnya bilang "bayarin dong…." duuh… males deh…lha wongs aya udah bisa cari duit sendiri kok…naaah…lain lagi kalo ada acara kawinan…. saya termasuk perempuan yang tidak malu untuk datang solo tanpa partner…. apalagi kalo disana bakalan ketemu teman2…santai aja…. atau pengen nonton film ke bioskop?saya tidak merasa aneh nonton sendirian..yang aneh malah si mbak2 penjaga loket
tiket… seringkali saya mengalami ditanya berulang-ulang.."satu tiket mbak?….satu kan?…dan akhirnya jadi memancing reaksi orang2 yang antri dibelakang saya… ada yang iseng suit-suit lah… ada yang ketawa cekikikan…ada yang cuma pasang tampang heran… lho.,..harusnya saya kan yang heran? wong kagak ada tulisan "dilarang menonton sendirian"..yeeee…..hak saya doong..Yah yah… akhirnya setelah saya menceritakan kejadian2 tersebut kepada sobat saya…dia cuma bisa bilang…. "lu terlalu independen…apa-apa lu kerjain sendiri… ga ada salahnya kok sedikit menggunakan gender kita sebagai perempuan…lagian kaum pria suka kok direpotin ama kita… it’s their testoteron hormones and ego…" waaaah….saya tambah bingung….katanya kesetaraan gender…. tapi nampaknya hal itu jadi mustahil kalo udah berhubungan dengan hati…. so-called-LOVE…
heu… amppuuuunn….
daripada saya mengubah diri saya 180 derajat, dan tidakmenjadi diri saya… i think i’ll walk my own right now…but i’m open for a company along the way… it’s nice to be with someone, but it’s even better if i was with someone who doesn’t give a damn about those stupid little things and compromise with my alter ego and fully appreciate diversity…. damn…this crazy little thing called love….hmmmpfff……. can’t live without it, can’t live with it….

1 comment: