Wednesday, November 5, 2008

Two Face


two-face..
bukan..ini bukan musuhnya Batman.. tapi karakter orang yang sering atau setidaknya pasti sekali waktu kita temuin di hidup kita...atau bahkan mungkin kita sendiri secara tidak sadar "pernah" memasang 2 muka didepan seseorang...
gara2 hari minggu kemaren saya ketemu dengan seseorang yang saya anggap adalah karakter murni dari two-face,hypocrite , dkk... (asli ini mah bawaan dari lahir... gatau kenapa.....kayaknya pas Tuhan nyiptain dia, Tuhan lagi disorientasi mo nyiptain iblis tapi malah jadi manusia...)
jadi alkisah... konon....beberapa tahun yang lalu saya pernah mendapatkan "partner" kerja yang *astagfirullah*...(males bahasnya...)
dan udah lamaaaaaa banget ga ketemu (thank God!) eh taunya ga sengaja ketemu di mall deket rumah...dia terlihat ribet dengan belanjaannya seperti beberapa hp baru dan dvd player...
karena dia nampak semangat sekali mentraktir saya makan siang..yah..sudahlah..atas nama masa lalu, saya pun mengiyakan ajakannya...
blablablabla...
damn..dia ternyata masih sama persis seperti yang saya ingat beberapa tahun yang lalu...
makan siang pun beres..dan sekedar formalitas kita tukeran kartu nama...janjian someday akan mengulang lunch bareng lagi yang kita berdua tau klo hal itu cuma basa-basi...

dulu pernah saya hampir "dijatuh"kan oleh orang itu..
dan saya pun harus menjilt ludah saya sendiri
yaah...duluuuu....klo menurut saya sih...
klo saya dijahatin sama rekan kerja...atau sama orang yang terhubung sama saya oleh duit..
saya ga mau ambil pusing sama orang2 sejenis itu... rugi... karena wong memang dunia kerja tuh ajangnya memakan-dimakan kok...

tapi pas saya dijahatin sih...duuh.......amppun.....
pengennya hati sih (kalo ngebunuh orang itu ga bikin saya tercantum di VIP list masuk neraka mah..)saya udah cekek lehernya, gamparin mukanya, potong2 badannya jadi 100 bagian, trus di siram saos barbeque dan diumpankan ke anjing... (weee...sadiissss x))

tapi balik lagi ke pepatah (lagi! :P) nan abadi itu.. "action speak louder than words"
atau "your mouth is your tiger" (apaa siih...... :D) dan ternyata bener loh pepatah "the truth will finally revealed itself..."
toh akhirnya orang itu "jatuh" sendiri....berkat bualannya yang luar biasa spektakuler dan heboh-kuler...

dulu saya sempet sebellllllll dan males melakukan kontak (baik langsung maupun by phone/email, dll) sama orang itu..
tapi yaah...hari minggu kemaren itu...memang geus kuduna ketemu dan liat muka nya...
ngomong seadanya...cuma soal kerjaan..mau dia ngomong apa juga bodo amat.... (dan nampaknya orang itu clueless sekali atau bodoh? dan malah jadi ngobrolin hal2 diluar kerjaan...berasa saya sobat karibnya dari orok...)

dan inilah hasil bualannya di lunch dadakan hari minggu kemaren:
1. dia yatim piatu...diasuh sama tante dan oom-nya dari umur 8 tahun dan mengalami physical + sexual abuse... umur 14 akhirnya diasuh sama sodara jauhnya...tapi dianggap sebagai pembantu...(tp cerita itu pun saya ragukan kebenarannya... mungkin versi bener-nya cuma dia yatim piatu...diasuh sama tante dan oom-nya dari umur 8 tahun dan kemudian umur 14 akhirnya diasuh sama sodara jauhnya.)

2.kuliah sampe D3 di bandung... jdi mahasiswi gaul dan pinter...udah lulus langsung cari kerja dan diusir dari rumah...karena dianggap sudah dewasa dan si sodara jauhnya pengen melepas beban.. (ah again and again..mungkin aslinya sih cuma part awal doang...klo liat dari taste of fashionnya sih..nampaknya dia masih hidup di early 90's)

3.dapet kerja...dan dipasangkan dengan saya yang dia bilang sebagai the best partner she's ever had! tapi sayang sekali saya resign... (heu....liar liar...) dan sekarang dia udah pindah kerja di perusahaan asing dengan jabatan jadi manager something lah...(walaupun saya agak bingung kenapa krtu namanya sangat tidak profesional dengan desain winnie the pooh..dan tanpa jabatan, hanya no hp...)

4.dia pernah hampir nikah..tapi cowonya kabur pas hari pernikahan dia...setelah seblumnya menguras tabungan dia yang puluhan juta....

untuk sepersekian detik saya kaget...
saya bisa liat matanya berkaca-kaca (alaagh sinetron..) dan pokonya kok saya merasa apa yang dia omongin tuh ada beberapa yang jujur...
tiba-tiba 6th sense saya mendadak mengeluarkan radar...
she is really telling the truth....
dan sepertinya untuk pertamakalinya buat dia...dia berkata jujur di depan saya... disuatu hari minggu...di KFC pula...
saya kok jadi kasian sama dia...
entah kenapa saya melihat dia adalah seorang yang rapuh, kesepian, dan minder..
karena lack of skill-nya dia untuk bersosialisasi... kemampuan otak dia yang standar2 aja... dan ga punya temen yang bisa jadi shoulder to cry on atau bahkan buat hura2 bersama... latar belakang keluarga yang acak-kadut....
saya jadi menemukan alasan kenapa dia menjadi orang yang berkarakter "ngga banget"..
untuk menutupi semua kekurangan dia...
untuk mencari perhatian orang lain...
atau lebih tepatnya untuk menghapus semua memori masa lalu dia....
to be accepted...
to be someone...not just everyone...
whatever it takes to be what she wanted to be....

dan dia pun cepat2 ngehapus air matanya dan menelepon...
"eh gir...gue pulang yaa...sori gue harus cepet2...besok gue harus ke singapore...biasalah..meeting..eh lu naek angkot?mo gue anterin pulang? gue bawa mobil ama sopir kok..."

oh God! dia udah pake lagi "topeng"nya..
dengan sopan saya menolak..."ngga makasih...gue bwa mobil kok.."

sesudah cipika cipiki...
sambil jalan ke parkiran saya jadi malu sendiri..
apa yang barusan saya lakukan yaitu lunch bareng..mendengarkan curhat dia... cipika cipiki...
saya memasang 2 muka di depan dia...
walaupun saya memakai atas nama kesopanan...tapi saya pun sudah menjadi orang yang bermuka dua untuk beberapa jam...
ah...saya jadi tersadar...setiap orang pasti pernah atau suatu saat akan mengalami situasi dimana mereka harus bermuka dua...

tepat saya mau masuk ke mobil...saya melihat dia masuk ke mobil dengan seorang sopir membukakan pintu mobil... mobil kijang innova nya pun berlalu didepan saya...
dan dibagian belakangnya ada cutting sticker segede gaban bertuliskan :
"PT.XXX Menerima kredit motor,elektronik dll...cepat, mudah, dengan bunga rendah!"

OMG!....
o..ow..kamu ketauan...





No comments:

Post a Comment