Wednesday, November 5, 2008

A letter for a long lost friend

Wednesday, October 24th, 2007

Saya mempunyai seorang teman semasa kuliah, perempuan, tidak sangat dekat tapi saya seolah bercermin setiap ngeliat dia. Kita berdua punya kepala yang keras seperti batu, kalo ngomong suka tanpa tedeng aling-aling.. straight to the point… bisa dibilang ambisius juga..apalagi soal gengsi…(baca:pride! bukan gengsi pake tas bermerek atau
ngopi di cafe yang harga segelas cappucinno-nya bisa mencapai 50 ribu!!what the f***?) pokonya saya mempunyai banyak kemiripan dengan dia..mungkin itu juga yang menyebabkan kami berdua tidak pernah terlalu dekat tapi saling mengerti satu sama lain.. misalnya, kalo saya butuh pendapat yang se-objektif mungkin dan sejujur mungkin..dia adalah orang pertama yang saya tanya.. mungkin dia ga pernah tau… tapi saya melihat dia sebagai orang yang mampu mengatakan kebenaran walopun sometimes the truth hurts like hell..

Then…we have all grown up.. lulus kuliah, ada yang kawin, ada yang mengejar karir, ada yang kuliah S2, atau ada juga yang seperti saya…banting tulang dengan gaji pas-pas-an tapi dengan pekerjaan yang cukup menyenangkan dan mungkin…dapat membuka jalan saya nanti…jujur saya bersalah dalam hal ini.. saya jaraaaang sekali sms untuk sekedar menanyakan kabar dia…atau menepati janji saya untuk bantuin nyelesein skripsinya….the time flies.. dan tiba2 aja saya dapet kabar yang hmm..nampak absurd dan ganjil buat saya…
teman saya itu memutuskan DO dan nampak tertekan…dan dia memutuskan kontak dengan saya dan teman2… jujur saya mencibir..bukan simpati.. saya kecewa… hanya gara2 skripsi dan seorang dosen yang berlagak seperti seorang Tuhan.. dia bisa sampe down dan menyerah.. saya ga percaya seseorang yang saya anggap sebagai cerminan diri saya bisa menyerah segampang itu…mengingat semua teman2 dia -termasuk saya- mempunyai cerita dan ujian masing2 saat ngerjain skripsi..ga da yang jalannya semulus jalan tol…semuanya pake usaha -dari yang halal sampe ga halal- but at least we did it, not just tried it…
Tapi saya pikir ga adil kalo saya ga coba cari tau akar masalah sebenarnya tuh apa… dan yaa.. setelah beberapa prediksi,spekulasi, akhirnya saya berkonklusi… (haha…sok intelek banget bahasanya..) it is all about PRIDE… ya ya ya..balik lagi ke masalah gengsiisme itu…
kalo saya menempatkan diri saya di posisi dia..ok.. IPK dia mencapai 3 koma something… dia selalu menjadi dewa
penyelamat teman2 setiap kali ujian dengan menyebarkan sms kunci jawaban…dan dia adalah orang yang paling pertama mengajukan judul skripsi…. pokonya dia berada di atas teman2 nya.. baik dari segi kemampuan dan otak…tapi ternyata keadaannya berbalik… dia menjadi orang yang mendapat predikat mahasiswa abadi… disaat teman2 dia udah 3 langkah maju…dia masih sibuk ngutak ngatik skripsi…ditambah tanpa pacar pula..oh oh oh nasiiib..
tertekan? pasti!…. malu?
apalagi!… saya mulai sedikit mengerti apa yang dirasakan teman saya..
gengsiisme atau si Pride itu lah yang menyebabkan dia seperti itu…saya pasti akan merasa diri saya "kecil" dibandingkan teman2 saya yang lainnya…minder… saya ga punya sesuatu yang dibanggakan…saya gagal jadi orang yang saya inginkan…. dan sebagai orang yang menganut prinsip gensiisme berlebihan… saya pun akan menutup diri saya… membangun benteng pertahanan setebal mungkin… just leave me alone… ibaratnya kapten kapal laut, walo ada bom meriam yang siap menenggelamkan kapal saya.. saya ga akan loncat…lebih baik
tenggelam… ga akan ada bendera putih diatas dek saya…. memangterdengar bodoh… tapi aliran gengsiisme itulah yang membuat saya bertahan sampai sekarang ini…saya pernah melalui masa2 berat dalam hidup saya..
makanya saya mengerti sekali alasan kenapa teman saya itu menjauh dari peradaban….she's just want to find herself…walk on her own path…
makanya saya ga kaget pas subuh tadi dia sms supaya saya dan teman2 ga menghubungi dia lagi untuk sekarang ini… she wants to start a new life… n when the time is right.. she will call us…
hmmmmmmmmmmmhhhh……….
sedih. sedih banget.

disatu sisi saya mengerti…kalo saya boleh berpuitis sebentar.. saya yakin kalau kita bener2 peduli ama sesorang..kita akan membebaskan dia.. bukan mengikatnya dan maksain dia melakukan hal yang ga dia mau lakuin…tapi disatu sisi saya juga kecewa karena dia bisa segitu mudahnya nyerah terhadap keadaan…dan yang paling parah dia nyerah terhadap diri dia sendiri..sekarang saya bakal ngasih sebanyak waktu yang dia butuh…
tapi saya harap bukan buat ngelupain semua masalah dia dan kabur gitu aja….saya harap dia bisa memafkan diri dia sendiri dulu baru dia bisa maju memulai hidup baru..meskipun dia ingin menghapus saya dan teman2 dari memori dia.. tapi setidaknya ibarat komputer..dia ga cuma mengklik refresh dan restart…tapi menginstall ulang, re-booth dan menghapus semua virus2 didalamnya… i hope you’ll find a way and believe in yourself… no matter what, you’ll always be our lovely "princess".

No comments:

Post a Comment